Sabtu, 06 Juni 2009

Tangga Nada dan Aplikasinya Pada Gitar

Tangga nada secara sederhana adalah urutan nada dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi. Pada musik (barat) modern yang kita jumpai sehari-hari, susunan tangga nada adalah :

c (1) d (1) e (1/2) f (1) g (1) A (1) B (1/2) C

Angka di dalam tanda kurung adalah jarak/interval nada, yang mana 1/2 langkah sama dengan 1 langkah fret pada gitar. Apabila interval antara dua nada adalah 1, maka diantara 2 nada tersebut terdapat sebuah nada lagi yang disebut kromatik, ditandai dengan “#” (kres/sharp), menandakan interval kenada yang lebih tinggi atau “b” (mol/flat - bukan huruf “B”), menandakan interval kenada yang lebih rendah. Sebagai contoh, antara nada C dengan D intervalnya adalah 1 nada, berarti diantara kedua nada tersebut terdapat nada C# atau Db (kedua nada ini sama bunyinya). Untuk interval 1/2 nada, tidak ada nada kromatik, jadi tidak ada nada yang disebut E# atau Fb dan B# atau Cb.

Tuning yang standar pada gitar (urutan nada pada senar yang tidak ditekan, dari senar paling besar kesenar paling kecil atau atas ke bawah) :

e a d G B E

Untuk membunyikan nada selain nada tersebut diatas pada gitar, kita perlu untuk menekan senar pada posisi yang tepat. Seperti disebutkan diatas, 1 langkah fret pada gitar bernilai 1/2 nada, dan semakin dekat posisi fret yang ditekan ke arah body gitar, maka nadanya akan semakin tinggi. Maka bila kita implementasikan, maka urutan nada pada fretboard adalah seperti gambar dibawah ini (garis paling bawah adalah senar paling besar/paling atas, dan nada kromatik hanya dituliskan pada senar paling atas & paling bawah untuk memperringkas gambar) :

tangga nada gitar

(penulisan nada kromatik yang berbeda untuk senar paling atas dan bawah bukanlah suatu aturan, hanya sebagai variasi)

Setelah memahami konsep tangga nada ini maka kita akan dapat lebih mudah mempelajari dasar-dasar bermain gitar.



Ada lagi nih.. gambarnya

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_z8V05dcaejzJ2ZIUIU6Cy12WbbkdDrDpPPvIArS5H4SKlW9UvOYmJzFZFUVjgW_Nj8PjeR6N83qHzmbhYXDQ0iExPnASsMwBaFWLDA4S4brll0zbqaDXNjMsZXWpVfCyjlxoL0UAbZc/s400/NADA+FRET+GITAR.JPG

crod-003.gif image by pocastella

Tidak ada komentar:

Posting Komentar